-->

Tuesday, April 4, 2017

7 Jenis Kamera Yang Bisa Kamu Bawa Saat Travelling


Travelling ada kegiatan yang menyenangkan. Ketika travelling tentunya kita akan mengunjungi tempat-tempat yang indah. Melihat keindahan tempat-tempat yang dikunjungi tentunya kalian ingin mengabadikannya kan? Iya pasti itu, foto-foto itu sifatnya naluriah bro apalagi sejak adanya instagram, orang-orang jadi berlomba-lomba mengupload foto.

Untuk mengabadikan sebuah momen atau pemandangan, kita membutuhkan sebuah kamera. Seperti yang kalian tahu, jenis kamera ini ada banyak. Berikut ini mimin mempunyai daftar kamera yang bisa kalian bawa travelling:

1. Kamera Smartphone/HP
kamera hp
Credit: gadgetgan.com
Kamera ini cocok bagi kalian yang tidak mau repot-repot membawa kamera ‘beneran’ karena kepraktisannya. Logikanya saat ini orang kemana-mana kan bawa HP, jadi kemanapun kalian pergi pasti kalia akan membawa HP ini dan resiko ketinggalan HP juga sangat kecil.

Saat ini kualitas dari kamera HP sendiri tidak kalah lho dengan kamera ‘beneran’. Berbagai teknologi telah dibenamkan pada kamera HP. Rata-rata kamera HP bersifat point and shoot, tetapi juga ada beberapa HP yang menyediakan fitur manual. Apalagi di sekarang ini lagi booming HP yang menggunakan teknologi dual camera. Resolusi dari kamera HP saat ini juga tergolong besar, apalagi untuk HP flagship.

Jika kalian ingin kamera HP dengan kualitas yang bagus, gunakanlah kamera HP flagship seperti Galaxy S Series, Xperia Z Series, Xiaomi Mi Series, LG G Series, Iphone 5 ke atas. Untuk HP kelas menengah juga ada lho yang kameranya bagus contohnya Asus Zenfone 3, Galaxy A Series, Xiaomi Redminote Series,dll.

2. Kamera Saku/Pocket
kamera saku
Credit: gaptek28.wordpress.com
Kamera saku umumnya mempunyai bentuk yang kompak sehingga praktis untuk dibawa kemana saja dan tidak terlalu memakan tempat. Kamera ini didesain untuk mudah digunakan oleh siapapun, bahkan anak kecil juga bisa menggunakannya. Oleh karena itu, mayoritas fitur-fitur yang ada sudah disetel secara otomatis. Penggunaan kamera ini bersifat point and shoot yakni kalian tinggal mengincar objek kemudian pencet tombol shutter. Jadi kamera ini cocok bagi kalian yang tidak mau ribet dan menginginkan kamera dengan ukuran yang ringkas.

3. Kamera Prosumer

kamera prosumer
Credit: bhinneka.com
Kamera Prosumer merupakan penengah antara kamera saku dengan kamera DSLR. Kamera ini mempunyai bodi seperti kamera DSLR hanya saja lebih kecil dan lensanya tidak bisa dilepas tetapi sifat penggunaannya seperti kamera saku hanya saja fitur-fiturnya lebih banyak. Jadi bisa dibilang, kamera prosumer ini menggabungkan fleksibilitas kamera saku dengan kecanggihan fitur ala DSLR tetapi tetap saja kemamuannya masih di bawah kamera DSLR.

Kamera Prosumer mempunyai kemampuan zoom yang mumpuni dan ketahanan baterai yang mantap. Kebanyakn kamera prosumer menggunakan baterai AA. By the way mimin pakai kamera ini loh hehe.

4. Kamera DSLR
kamera dslr
Credit: ulasharga.com
Kamera DSLR merupakan jenis kamera yang mempunyai kemampuan paling mumpuni diatara semua jenis kamera. Kamera ini mempunyai fitur-fitur yang melimpah. Salah satu ciri khas kamera DSLR yakni lensanya bisa dilepas. Kamera DSLR memiliki varian lensa paling banyak dibanding jenis kamera lainnya. Kamera jenis ini juga dipakai oleh fotografer-fotografer profesional.

Meski mempunyai kelebihan berupa fitur-fitur yang melimpah, tetapi kamera DSLR ini tiak luput dari kekurangan yakni bobotnya yang berat dan ukurannya yang memakan tempat sehingga kurang praktis.

5. Kamera Mirrorless
kamera mirrorless
Credit: tekno.kompas.com
Sesuai dengan namanya, kamera ini tidak menggunakan cermin seperti DSLR, sehingga ukurannya menjadi lebih ringkas. Lensa pada kamera ini juga bisa dilepas, tetapi varian lensanya belum sebanyak kamera DSLR.

Kualitas jepreta kamera mirrorless ini mendekati atau bisa dibilang sama dengan kamera DSLR. Btw kamera ini cocok lo buat bikin Vlog.

6. Action Camera
action cam go pro
Credit: gopro.com
Action camera merupakan jenis kamera yang lagi booming akhir-akhir ini dan banyak digandrungi oleh anak-anak muda. Salah satu merk action camera yang paling terkenal adalah Go Pro. Kamera ini lebih diperuntukkan untuk kalian yang suka kegiatan outdoor seperti mendaki gunung.

Kamera ini mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada kamera saku, sehingga sangat praktis dibawa kemana saja. Kamera ini juga memiliki banyak aksesoris seperti bracket, waterproof case, monopod, dll. Kamera ini juga mampu merekam video sampai resolusi 4K lo! (tergantung merk dan spek kameranya sih).

7. Handycam
handycam
Credit: priceprice.com
Kamera ini lebih diperuntukkan untuk merekam video. Kamera ini memiliki ukuran yang cukup ringkas sehingga praktis untuk dibawa kemana saja. Kamera ini juga cocok lo buat bikin Vlog :p.

Itulah jenis-jenis kamera yang bisa kalian bawa travelling. Lalu manakah yang paling cocok? Ya tergantung kebutuhan kalian masing-masing.

Sumber gambar: yukikoaihany.wordpress.com


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post