-->

Sunday, April 2, 2017

8 Gunung di Sekitar Malang Yang Bisa Kamu Daki

gunung-gunung di sekitar malang

Malang adalah sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan hawa sejuk khas pegunungan. Kota Malang sendiri berada pada ketinggian 440 – 667 Mdpl dan di kelilingi oleh beberapa gunung/pegunungan. Oleh karena itu Kota Malang memiliki hawa yang sejuk.

Dari beberapa gunung/pegunungan, salah satu yang paling terkenal yakni Gunung Semeru. Siapa sih yang tidak tahu gunung ini? Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Anak SD kelas 3 saja pasti tahu kok. Karena menyandang predikat sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, maka setiap tahunnya ribuan pendaki datang ke Kota Malang untuk mendaki ke Gunung Semeru. Sebenarnya ini sih lebih ke efek film 5 cm kali ya.

Selain Gunung Semeru, ternyata ada beberapa gunung di sekitar Kota Malang yang bisa dijadikan tujuan pendakian dan menyuguhkan panorama yang indah. Berikut ini daftarnya:

1. Gunung Panderman
gunung panderman
Credit: www.naturalsunrisetour.com
Gunung Panderman terletak di Dusun Toyomerto, Kelurahan Songgokerto, Kota batu. Gunung ini memiliki ketinggian 2000 Mdpl dengan puncaknya yang bernama Puncak Basundara. Meskipun memiliki ketinggian 2000an Mdpl, tetapi gunung ini tergolong ramah bagi pemula.

Untuk mendaki gunung ini, kalian bisa melewati jalur Dusun Toyomerto (jalur yang sering dilewati) dan Jalur Patak Banteng. Dari basecamp Toyomerto sampai Puncak Basundara, waktu yang ditempuh cuma 2,5 – 3 jam saja. Cukup singkat kan? Diperjalanan kalian akan melewati pos Latar Ombo dan Watu Gede.

Dari puncak gunung ini, kalian bisa melihat gunung Arjuno-Welirang, Gunung Semeru dan Gunung Anjasmoro ketika cuaca sedang cerah. Jika kalian ngecamp di puncak, sebaiknya kalian berhati-hati menaruh barang bawaan karena di puncak gunung ini banyak kera/bedes/budeng nya.

2. Gunung Butak
gunung butak
Credit: Wikipedia
Gunung Butak masih dalam satu pegunungan dengan Gunung Panderman. Tepatnya di Pegunungan Putri Tidur (Kawi-Butak-Panderman). Gunung ini terletak bersebelahan dengan Gunung Kawi. Secara administratif, gunung ini terletak di Kabupaten Malang dan Blitar.

Gunung Butak memiliki ketinggian 2868 Mdpl yang terkenal dengan sabananya yang indah. Untuk mendaki gunung ini kalian bisa melewati jalur pendakian:
  • Jalur Sirah Kencong (Blitar)
  • Jalur Panderman (Batu)
  • Jalur Kraton/Pesarean Gunung Kawi
  • Jalur Princi, Dau

Jika ingin mendaki dari arah barat, kalian bisa melewati jalur pendakian Sirah Kencong dan jika ingin mendaki dari arah timur, kalian bisa melewati jalu pendakian Panderman dan Jalur Princi. Karakter Jalur Sirah Kencong yakni terus-terusan menanjak dengan sedikit bonus jalan datar, hampir sama dengan jalur Princi, Dau. Sedangkan karakteristik Jalur Panderman yakni tidak terlalu nanjak tetapi jalurnya banyak mlipir alias lebih jauh. Jalur Princi dan Jalur Panderman nantinya akan bertemu di satu titik menjelang memasuki kawasan Cemorokandang.

Menurut beberapa catatan perjalanan yang saya baca, banyak yang menganjurkan untuk mendaki Gunung Butak via Panderman karena treknya tidak terlalu susah. Untuk sumber air, kalian bisa menemukan sumber air di Sabana. Untuk mendaki gunung ini diperlukan waktu 8-9 jam dari basecamp – sabana dan 30 menit sabana – puncak.

3. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno
Credit: Tempo.co
Siapa sih yang tidak kenal dengan Gunung Arjuno? Gunung ini terkenal dengan keangkeran dan mitos-mitos yang menyelimutinya. Gunung ini memiliki ketinggian 3339 Mdpl dan terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang. Secara Administratif, gunung ini terletak di Kabupaten Malang dan Pasuruan.

Untuk mendaki Gunung Arjuno, ada beberapa jaur pendakia yang bisa di lewati yakni:
  • Jalur Tretes
  • Jalur Purwosari
  • Jalur Lawang
  • Jalur Batu/Cangar/Jurang Kwali/Selecta
  • Jalur Karangploso

3 jalur pertama yang disebutkan merupakan jalur yang paling sering dilewati oleh para pendaki. Jalur Lawang mempunyai jarak pendakian yang lebih pendek tetapi treknya lebih susah dan tidak ada sumber air. Jalur Purwosari memiliki jarak pendakian yang lebih panjang daripada jalur Lawang tetapi lebih pendek daripada jalur Tretes. Jalur Purwosari terkenal dengan sebutan jalur spiritual karena di sepanjang jaur pendakian kalian akan menemui beberapa petilasan dan candi. Jalur Purwosari dan Lawang nantinya akan bertemu pada satu titik sebelum Puncak Arjuno.

Jalur Tretes mempunyai jarak pendakian yang lebih panjang dari jalur Purwosari ataupun Lawang tetapi di setiap pos terdapat sumber air yang melimpah. Jalur Batu ini jarang dilewati oleh pendaki. Menurut informasi yang saya dapat, jalur ini tidak ada sumber air, sama seperti jalur Lawang.

Untuk mendaki gunung ini diperlukan waktu 9 – 13 jam, tergantung jalur mana yang dilewati.

4. Gunung Welirang
Gunung Welirang
Credit: Kompasiana.com
Gunung Welirang merupakan tetangga/kembaran dari Gunung Arjuno. Gunung ini memiliki ketinggian 3156 Mdpl. Secara administratif, gunung ini terletak di Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu.

Untuk mendaki gunung ini kalian bisa melewati beberapa jalur yakni:
  • Jalur Tretes
  • Jalur Batu/Cangar/Jurang Kwali/Selecta
  • Jalur Celaket, Pacet

Untuk jalur tretes, jalurnya sama dengan mendaki Gunung Arjuno sampai dengan pos 3. Di pos 3 akakn ada percabangan, dimana ke arah kiri menuju ke Gunung Arjuno dan lurus menuju ke Gunung Welirang. Menurut mimin, jalur Tretes ini lebih dekat dengan Gunung Welirang. Untuk jalur Batu, jalur pendakiannya juga sama sampai lebah sadel (lembah antara Gunung Kembar 1 dan Gunung Kembar 2). Untuk jalur Celaket sendiri, sebenarnya ini bukan jalur resmi jadi mimin tidak menyarakna untuk mendaki lewat jalur ini kecuali dipandu oleh orang yang pernah mendaki lewat jalur ini.

Di puncak Gunung Welirang, kalian bisa menemukan kawah yang mengeluarkan asap belerang. FYI, belerang di gunung ini juga ditambang lo. Untuk mendaki gunung ini diperlukan waktu sekitar 9 jam (via Tretes)

5. Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan
Credit: batcaveminis.blogspot.com
Sebenarnya letak gunung Penanggungan tidak bisa dibilang dekat dari Kota Malang. Tapi untuk menuju ke basecamp Gunung ini Cuma membutuhkan waktu 1 – 1,5 jam perjalanan dari Kota Malang. Gunung ini memiliki ketinggian 1657 Mdpl. Secara administratif, gunung ini terletak di Kabupaten Pasuruan dan Mojokerto. Gunung Penanggungan juga sering disebut sebagai Gunung Pawitra dan Gunung Anak Semeru.

Untuk mendaki gunung ini, kalian bisa melewati beberapa jalur yakni:
  • Jalur Trawas
  • Jalur Jolotundo
  • Jalur Ngoro
  • Jalur ‘Pandaan/Gempol’

Jalur yang paling sering dilewati yakni jalur Trawas karena jaraknya yang pendek dan langsung mencapai puncak tertinggi. Sedangkan untuk alternatif jalur Trawas, kalian bisa melewati Jalur Jolotundo. Jika melewati jalur Jolotundo, kalian akan melewati beberapa candi. Perlu diketahui kalau Semua jalur pendakian Gunung Penanggungan tidak ada sumber airnya. Untuk mendaki gunung ini diperlukan waktu 4 jam saja (via Jalur Trawas).

6. Gunung Semeru
Gunung Semeru
Credit: news.liputan6.com
Seperti yang telah disinggung di pembuka artike ini, Gunung Semeru merupakan destinasi pendakian paling Favorit di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 3676 Mdpl. Secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang.

Untuk mendaki gunung ini, kalian bisa melewati Jalur Pendakian Ranu Pani. Pendakian di gunung ini menggunakan sistem kuota, dimana jumlah pendaki hanya dibatasi sebanyak 300 orang/hari. Tetapi jangan khawatir karena kalian bisa melakukan reservasi secara online via website TNBTS.

Diperjalanan mendaki Gunung Semeru kalian akan melewati sebuah danau yang sudah cukup kondang namanya, yakni Ranu Kumbolo. Danau ini sangat indah terutama ketika momen matahari terbit. Kalian juga bisa bermalam disini.

Jalur terberat dari pendakian ini ialah trek pasir selepas Arcopodo sampai menuju puncak. Dimanan trek pasir sangat menyulitkan langkah kaki, berjaan 3 langkah mundur 1 langkah. Jalur pasir ini merupakan 1 km terberat dalam hidup *lebay.

7. Gunung Kelud
gunung kelud
Puncak Kelud dari jauh

Letaknya sih tidak dalam wilayah Kabupaten Malang tetapi Cuma butuh waktu 2 – 2,5 jam untuk menuju ke baseamp pendakian Gunung Kelud. Gunung ini memiliki ketinggian 1731 Mdpl. Secara administratif gunung ini terletak di Kabupaten Kediri dan Blitar.

Untuk mendaki Gunung ini kalian bisa melewati jalur pendakian Tulungrejo, Blitar. Kok gak pernah dengar ya? Mimin kasih ancer-ancernya. Dari Kota Wlingi, kalian ambil arah ke utara yakni ke arah selorejo. Ikuti jalan yang ada sampai pertigaan Pasar Semen, nanti di pertigaan itu belok kiri. Terus ikuti jalan sampai masuk ke Desa Tulungrejo. Nanti ada pertigaan, kalian belok kiri lalu belok kanan dan ikuti jalan sampai rumah terakhir. Nah rumah terakhir itu basecampnya.

Jalur pendakian terdiri dari 3 pos. Trek dari basecamp sampai pos 3 cenderung biasa saja tetapi dengan vegetasi hutan yang lebat. Barulah dari pos 3 menuju puncak/kawah treknya sangat menantang sekali. Sepanjang jalur pendakian ini tidak ada sumber air. Untuk mendaki gunung ini diperlukan waktu 6 jam.

8. Gunung Anjasmoro
gunung anjasmoro
Credit: hariharikakiku.blogspot.com
Gunung Anjasmoro juga sebenarnya tidak berada di Malang, tetapi bisa dijangkau dengan waktu yang bisa dibilang sebentar dari Kota Malang. Gunung Anjasmoro memiliki ketinggian 2277 Mdpl. Secara Administratif, gunung ini terletak dalam wilayah Kabupaten Jombang.

Untuk mendaki gunung ini kalian bisa melewati jalur Wonosalam dan Jalur Pabrik Jamur Cangar.

Itulah daftar gunung di sekitar Malang yang bisa kalian jadikan tujuan pendakian selanjutnya. Semoga dapat membantu.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post