-->

Tuesday, March 21, 2017

Segitiga Ranu di Kaki Gunung Lemongan Lumajang

Ranu artinya danau. Di Jawa Timur, sebutan ranu untuk sebuah danau cukup banyak terutama di daerah sekitar Pegunungan Tengger. Ranu Kumbolo adalah salah satu nama ranu yang paling hitz. Tapi tahukah kalian, masih banyak ranu lain yang tidak kalah indah. 

Tepat di kaki Gunung Lemongan (1676 Mdpl) ada 3 buah ranu yang cukup indah dan masih asri tentunya, yakni Ranu Bedali, Ranu Klakah dan Ranu Pakis yang terletak di Kabupaten Lumajang. Letak ketiganya cukup berdekatan satu sama lain alias dalam satu kawasan. Berikut ini penjelasan tentang masing-masing ranu:

1. Ranu Bedali
ranu bedali
Credit: Kompasiana.com
Ranu Bedali adalah sebuah danau di Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata alami. Ranu Bedali berada sekitar 15 km di sebelah utara kota Lumajang. Ranu Bedali merupakan rangkaian dari tiga danau yaitu Ranu Bedali, Ranu Klakah dan Ranu Pakis. Sebagai rangkaian kawasan Segitiga Ranu, dengan jarak 7 Km dari Ranu Pakis atau 6 Km dari Ranu Klakah. Objek wisata Ranu bedali ini mempunyai keinggian 700 Mdpl  dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 Meter.

2. Ranu Klakah
ranu klakah
Credit: ayoberkunjung14.blogspot.com
Ranu Klakah adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur. Letaknya sekitar 10 Km di sebelah utara Kota Lumajang. Danau ini berada pada ketinggian 900 Mdpl, dengan luas 22 Ha dan kedalaman 28 Meter. Ranu Klakah oleh masyarakat setempat dipergunakan sebagai tempat budidaya ikan mujair dan ikan nila. Tempat ini memiliki udara yang segar, sejuk dan alami. 

3. Ranu Pakis
Credit: Tripmondo.com
Ranu Pakis adalah sebuah danau terletak di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pakis berada di ketinggian sekitar 600 Mdpl dengan luas 50 hektar dan kedalaman sekitar 26 meter. 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post