-->

Sunday, March 26, 2017

Review Consina Tarebbi 60L: Harga Hemat Kualitas Hebat

Saat dipakai ke Gunung Kelud via Tulung Rejo
Baca Juga: Catper: Bukan Gunung Gemes! Mt. Kelud (1731 Mdpl) Via Tulungrejo
Pada kesempatan kali ini, saya akan mereview sebuah carrier besutan consina yang saya miliki yakni consina tarrebi. Yap , pasti kalian tidak asing dengan carrier ini karena carrier berkapasitas 60 L ini adalah carrier sejuta umat dan sering kalian temui saat melakukan pendakian haha. Carrier ini merupakan carrier kedua yang saya miliki setelah sebelumnya saya memiliki consina centurion 50 L yang saya jual karena kekecilan hehe. Saya membeli carrier ini sewaktu harganya masih Rp. 435,000 tetapi saya membelinya dengan harga Rp. 400,000 dengan kondisi new. Sekarang harganya sudah naik menjadi Rp. 515,000.

Consina tarrebi ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, carrier yang saya miliki berwarna hitam dengan kombinasi abu-abu. Kesan pertama memegang carrier ini adalah bahannya lebih tebal dari consina centurion yang tentu saja berdampak pada berat kosong carrier ini dan kompartemennya tidak sebanyak consina centurion. 

Seperti yang telah disebutkan di atas, carrier ini memiliki kapasitas sebesar 60 L namun bisa dioptimalkan menjadi 70 L (kalau terpaksa). Backsystem yang digunakan yakni bantalan busa tebal yang didalamnya terdapat dua buah frame logam yang saling menyilang dan bisa dibongkar pasang. Frame consina tarrebi ini bentuknya sedikit melengkung kedalam, jadi jangan kaget kalau pertama beli framenya sudah melengkung haha. 

Untuk bongkar muat barang, carrier ini hanya memiliki satu akses yakni dari bagian atas saja, tidak ada akses bukaan bawah untuk mengambil sleeping bag atau bukaan depan seperti consina centurion. Bagian head dilengkapi dengan strap adjuster dan buckle sehingga bisa di atur ketinggian headnya serta bisa dilepas agar bongkar muat barang lebih leluasa. 

Dibagian dalam carrier terdapat kantong water blader (tetapi tidak pernah saya gunakan wkwk). Bagian hipbelt dilengkapi dengan kantong kecil yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan permen atau benda kecil lainnya namun hipbelt consina tarrebi ini menurut saya kecil dan kurang panjang sehingga akan kurang enak jika digunakan oleh orang yang bertubuh gemuk. Oh iya carrier ini dilengkapi dengan sebuah peluit yang letaknya jadi satu dengan buckle sabuk dada.
consina tarrebi
Saat dipakai ke Ranu Kumbolo


consina tarrebi
Saat dipakai ke Ranu Kumbolo (2)
Carrier ini sudah saya bawa saat mendaki ke ranu kumbolo, gunung welirang, gunung arjuno dan saat kemcer (kemping ceria) ke pantai gatra. Carrier ini cukup nyaman digunakan saat menemani pendakian saya. Backsystem busa tebal terasa empuk dipunggung namun jika udara panas maka backsystemnya akan membuat punggung merasa gerah, hipbelt terasa pas denga postur tubuh saya yang kurus. Sejauh ini saya merasakan daya tahan consina tarrebi ini cukup baik (mungkin karena baru 4x dipakai kali ya wkwk).
Saat dipakai ke Gunung Arjuno
Baca juga: Catper: Rencana Gagal Bukan Berarti Tak Berkesan, Mt. Arjuno (3339 Mdpl)
Kelebihan:
  • Harga lumayan murah
  • Head bisa dilepas dan adjustable
  • Frame bisa dibongkar pasang
  • Ada kantung water blader
  • Bahan tas cukup tebal
Kekurangan:
  • Hipbelt kurang lebar dan panjang
  • Hanya ada satu akses bingkar muat
  • Tidak include cover bag
  • Minim kompartemen
  • Desain biasa-biasa saja
Kesimpulannya, carrier ini menurut saya value for money karena dengan harga yang lumayan murah kita sudah bisa mendapatkan carrier tangguh dengan kapasitas yang lumayan besar cocok untuk pendaki pendaki pemula serta memiliki budget terbatas seperti saya. Carrier ini merupakan varian carrier 60 L dengan harga paling murah diantara carrier besutan consina lainnya tetapi sedikit lebih mahal dari carrier consina yang paling murah yakni consina alpine 55 L. Tetapi menurut saya jika kalian ingin membeli carrier consina dengan budget terbatas mending beli consina tarrebi saja daripada consina alpine karena dengan harga yang selisih sedikit kalian bisa mendapatkan kapasitas yang lebih besar. Lagian kapasitas 50-55 L menurut saya adalah kapasitas yang nanggung kecuali kalau kalian sudah jago packing dan beraliran ultralight hehe.


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post